iklan

Kamis, 10 Desember 2009

Peran TIK dalam dunia pendidikan



Animated Pictures Myspace Comments
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah lama di lakukan oleh negara negara maju .Ada banyak pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan yaitu :
1.Berbagi hasil penelitian
dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk berbagi hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di belahan dunia manapun

2.Konsultasi dengan pakar
dengan memanfaatkan jaringan komputer jarak bukan menjadi masalah lagi karena kita dapat berkonsultasi dengan para pakar tanpa di batasi oleh jarak .

3.Perpustakaan Online
perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk di gital yang di tempatkan di internet. Dengan menggunakan perpustakaann online ,kita dapat mencari informasi tanpa di batasi oleh jarak .

4. Diskusi online
dengan menggunakan diskusi online,seorang dapat bertukar informasi dengan pelajar lain di belahan dunia manapun tanpa di batasi oleh jarak .

5.Kelas Online
kelas online banyak di gunakan oleh lembaga lembaga pendidikan jarak jauh , seperti universitas terbuka dan sekolah terbuka,Materi materi yang di berikan sama seperti kelas regular bahkan materi pelajaran di buat interaktif dan menarik.

Peran teknologi informasi dan komunikasi memberikan keuntungan bagi para pelajar antara lain:
a. Akses informasi dan hasil penelitian orang lain
b. Akses ke sumber pengetahuan dapat di lakukan dengan lebih mudah .
c. Akses ke para ahli jadi lebih mudah karena tidak di batasi oleh jarak dan waktu
d. Materi yang disampaikan lebih menarik dan interaktif

Masih banyak lagi keuntungan yang di dapat dari pemanfaatan dalam bidang teknologi dan informasi, namun saya hanya memberikan sebagian dari keuntungan keuntungan tersebut..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar